Minggu, 12 April 2015

Proposal Usulan Sebuah Bisnis



RINGKASAN PROYEK


A.    MANAJEMEN

•Nama Unit Usaha                                          : The Hijabers
•Bidang Usaha                                                : Penjualan Kerudung Pashmina dan Segiempat
•Jumlah Karyawan/ Tenaga Kerja                   : 4 Orang

B.     PEMASARAN

Produk yang Dipasarkan                               : Pashmina dan Segiempat yang Berkualitas
•Sasaran Konsumen/ Pembeli                         : Masyarakat, Pelajar, dan Mahasiswa
•Wilayah Pemasaran                                       : - Bekasi ( Direct Marketing)
                                                                          - Seluruh warga Indonesia (Internet Marketing)
•Rencana Penjualan minimum /Bulan : Rp 2.000.000
•Penetapan Harga Jual                                    : Bervariasi

C.    PRODUKSI/ OPERASI

•Kapasitas Penjualan                                       : Rp 2.275.000
•Ketersediaan Persediaan                               : 35 Pashmina & 35 Segiempat
•Fasilitas/ Sarana Pemasaran                           : Di Kampus Univ. Gunadarma & Sekitarnya

D.    KEUANGAN

•Total Pembiayaan Proyek                             : Rp 15.000.000
•Modal Sendiri                                                : Rp                 0
•Biaya yang diusulkan                                    : Rp 15.000.000
•Rencana Penjualan per-Tahun (Rp)               : Rp 27.300.000
•Keuntungan per-Tahun (Rp)                         : Rp   8.400.000










I.                   Latar Belakang

1.1.  Dasar Gagasan Usaha

1.1.1.      Pendahuluan

            Melihat dari di sekitar kita, sudah semakin banyak wanita muslim yang memutuskan untuk berjilbab atau lebih dikenal dengan sebutan berhijab. Di islam, memang hukum berjilab adalah wajib, jadi mungkin memang sudah banyak wanita muslimah yang sudah mulai memakai hijab di keseharian mereka. Memang sudah banyak took yang menjual pashmina atau segiempat tapi bedanya disini kita akan menawarkan harga yang terjangkau dengan barang yang berkualitas.

            Penjualan yang kini tidak hanya dengan membuka toko saja, dapat menjadikan pemasaran produk hijab kami semakin meluas. Kami juga akan menjual melalui online sehingga seluruh Indonesia juga bisa membeli produk kami meskipun dengan jarak yang jauh. Dengan pembelian yang banyak, kami akan memberikan diskon agar konsumen bias selalu membeli produk kerudung kami.

            Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha Toko/ Kios kerudung di masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.

            Kebutuhan kerudung yang semakin banyak, memungkinkan kami untuk bisa membeli stok kerudung dengan jumlah yang banyak. Selain itu, kami akan variasikan dengan aksesoris lainnya agar toko kami berbeda dari pesaing-pesaing yang hanya menjual kerudung saja.

1.1.2.      Prospek Pasar

            Penjualan kerudung di daerah Bekasi sangatlah menguntungkan, karena setiap harinya tidak pernah sepi dari pengunjung. Rata-rata produk yang dijual di Bekasi adalah kualitas biasa. Dengan adanya The Hijabers serta dukungan finansial, kami mampu menjawab tantangan tesebut. Kami akan menjual barang yang berkualitas tentunya dengan harga yang kompetitif.

1.1.3.      Manfaat Ekonomi

            Usaha ini dapat memberdayakan kami sebagai pengusaha demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban orang tua dalam membiaya kuliah kami. Serta kami dapat belajar bagaimana cara menjadi pengusaha dan mandiri karena bisa mencari uang dari hasil kami sendiri.




1.1.4.      Manfaat Sosial

            Tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan kami setiap tahunnya ada cabang baru yang akan kami dirikan. Hal ini jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

            Kami juga ingin merubah paradigma masyarakat Bekasi khususnya, bahwa di daerah Bekasi juga menjual barang-barang yang berkualitas dengan harga murah yang tidak kalah dengan Toko pada umumnya, tidak seperti sekarang ini bahwa masyarakat Bekasi khususnya Mahasiswa/ Pelajar malu kalau beli pakaian mereka tersebut di Pasar yang barang-barang yang dijual tidak berkualitas. Hal ini hanyalah tempat yang membedakan produk kami, sedangkan merek dan nama barang serta kualitasnya sama.

2.         Aspek Pemasaran

2.1       Gambaran Umum Pasar

1.      Jenis produk yang dipasarkan adalah Kerudung yang berkualitas dengan harga kompetitif, karena rata-rata produk serupa yang dipasarkan adalah kualitas menengah ke bawah atau kualitas biasa.
2.      Wilayah Pemasaran mencakup daerah Bekasi untun system penjualan langsung atau Direct Marketing dan seluruh wilayah Indonesia untuk system Internet Marketing dan Media Katalog.
3.      Yang menjadi segmen dari usaha penjualan kerudung ini adalah :
·         Segmen pasar khusus wanita muda, tua, maupun anak-anak.
Tipe penjualannya adalah Direct Marketing atau Internet Marketing.


2.2.      Permintaan
2.2.1.   Proyeksi Permintaan Selama 1 tahun
Kami dapat memproyeksikan penjualan kami dapat meningkat setiap bulannya yaitu sebesar 5 produk dan mengalami puncak penjualan pada bulan ke-10
NO
JENIS PRODUK
Target Penjualan Untuk Bulan Ke-

PAKAIAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Pashmina
35
40
45
50
55
60
65
70
75
80
80
80
2
Segiempat
35
40
45
50
55
60
65
70
75
80
80
80


KATALOG












1
Penjualan Katalog
25
25
25
30
30
30
35
35
35
40
40
40



2.3    Strategi Pemasaran Perusahaan
Strategi pemasaran yang dilakukan :
a. Keterangan Produk
- Mutu             : Kerudung dengan bahan yang adem, lembut, dan berkualitas tinggi.
- Kemasan       : Plastik bening untuk kerudung
b. Harga Produk
- Harga                        : Bervariasi
- Syarat pembayaran   : Cash tunai atau transfer Bank
- Potongan                   : Kami akan memberikan diskon yang beragam setiap pembelian diatas 30 pcs sampai seterusnya.

c. Jalur Penjualan
Dengan adanya produk yang kami tawarkan di atas, sehingga ada tiga sistem marketing yang kami terapkan yaitu :
1.Direct Selling

            Kami akan melakukan penjualan langsung di Toko/Kios dengan sistem pembagian waktu jaga Kios/ Lapak yang dimulai dari pukul 09.00 WIB s.d 21.00 WIB.

2.Internet Marketing

            Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaitu www.thehijabers.com dengan konsep e-commerce webdesign, sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer bank.

3.Media Katalog

            Kami juga akan menyebarluaskan bisnis kami ini dengan media Katalog yang akan dipasarkan lewat Website kami yaitu www.thehijabers.com dengan sistem merekrut reseller/ agen baru sebagai upaya untuk mengembangkan wilayah pemasaran produk kami dengan target yaitu seluruh wilayah Indonesia. Katalog ini akan kami berikan kepada pemesan/ calon agen/ calon reseller seharga Rp40.000,-/ Katalog yang berisi daftar harga kerudung serta gambar yang menarik.
Beragam keuntungan bisnis lewat Katalog ini, antara lain :
- Modal kecil,
- Hanya bermodalkan katalog,
- Bisa dijalankan oleh siapa saja seperti : Ibu Rumah Tangga, Pelajar/Mahasiswa/i, Pegawai,   Pemilik Distro/Toko, Agen, dan lain-lain.
- Tidak perlu menyetok barang,
- Tidak ada target penjualan,
- Harga disesuaikan sendiri, sesuai target pasar yang dituju.
2.4 Penetapan Harga Jual*
NO
JENIS PRODUK
Harga Jual / Unit ( Rp ) untuk bulan ke-
PAKAIAN
1
2
3
4
5
6
1
Pashmina
40.000





2
Segiempat
25.000














KATALOG






1
Penjualan Katalog
40.000






*harga dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kenaikan harga dari vendor

3.       Aspek Operasi
3.1. Produk
1. Ciri-ciri produk
a. Warna bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan
b. Memiliki bahan yang lembut, tebal, dan adem
c. Ukuran yang beragam
d. Motif yang indah sesuai dengan selera

2. Kegunaan Utama Produk
a.Untuk menutup aurat di bagian kepala bagi wanita muslimah.
b Untuk memperindah dan mempercantik penggunanya.

3.2 Analisis Lingkungan
a.     Dampak Terhadap Masyarakat Sekitar
-   Dengan adanya produk yang murah dan berkualitas menjadikan kios/ lapak  kami merupakan tempat terfavorit.
-   Memberikan paradigma baru kepada masyarakat bahwa Produk The Hijabers menjual barang-barang yang berkualitas
-   Kami bisa mengembangkan jiwa kewirausahaan sehingga kami mengerti bisnis realnya.
-   Teknologi yang kami terapkan dapat diakses oleh masyarakat pada umumnya sebagai media referensi mereka dalam membeli suatu produk Kerudung.



b.     Analisis Resiko Usaha
-   Adanya manajemen pengelolah yang kurang jujur
-   Terdapatnya cacat pada barang yang dibeli
-   Barang yang tidak laku
-   Tempat yang kurang strategis
-   Tidak adanya persediaan pada saat pemesanan barang oleh konsumen melalui katalog

c.      Antisipasi Resiko Usaha
-   Kita akan membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan Kita akan merancang sistem akuntansi yang baik dan membuat nota pembelian.
-   Kita akan mengikat kerjasama yang baik dengan vendor dengan prinsip barang dapat diretur apabila cacat, rusak atau tidk sesuai dengan pesanan.
-   Kami akan mengadakan diskon atau obral, untuk meminimalisir biaya agar tidak terjadinya kerugian atau mengusahakan balik modal.
-   Kami akan membuat ciri khas tertentu pada kios/ lapak kami baik dari segi papan petunjuk lokasi, furniture yang menarik, dan leaflet promosi.
-   Kami akan segera mungkin memesan produk yang sejenis ke vendor supaya konsumen kami puas terhadap pelayanan yang kami berikan, atau kami akan menyarankan untuk mengganti item pesanan tersebut dengan item yang tidak terlalu berbeda sehingga konsumen tidak merasa kecewa.













No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Hanger Kerudung
10
buah
Rp             50.000
 Rp                 500.000
2
Kontener untuk kerudung
3
buah
 Rp          70.000
 Rp                 210.000
3
Kunci Pengaman kios
2
buah
 Rp           25.000
 Rp                   50.000

Jumlah
 Rp                 760.000



 Pakaian 




No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Pashmina
35
pcs
 Rp            30.000
Rp              1.050.000
2
Segiempat
35
pcs
 Rp            15.000
 Rp                525.000
Jumlah 
Rp              1.575.000


Pembuatan Katalog




No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Biaya Cetak
25
buah
 Rp            20.000
 Rp              500.000

Jumlah
 Rp             500.000

Jumlah modal awal




 A. 
 Tempat dan Perizinan



 Rp              3.000.000
B.
 Peralatan



 Rp                 200.000
 C.
 Pakaian 



 Rp            18.900.000
E.
 Pembuatan Katalog



 Rp                 500.000

TOTAL



 Rp            22.600.000







Dana real yang dibutuhkan



 Rp            22.600.000


4.      PENUTUP
            Demikian Proposal yang kami buat sebagai bahan acuan dan kerangka dasar demi terlaksananya kegiatan yang dimaksud , sekaligus menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu/Saudara ( i ) untuk berpartisipasi dalam kegiataan ini. Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan Terima Kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar