KASUS KOMUNIKASI BISNIS
Maskapai
Penerbangan Inggris, British Airways (BA)
Kru
British Airways Mogok 3 Hari, 1.100 Penerbangan Akan Dibatalkan
London
– Maskapai penerbangan Inggris, British Airways (BA) dilanda aksi mogok kerja
para krunya. Ribuan kru kabin BA hari ini memulai aksi mogok yang akan berlangsung
tiga hari.
Mogok
tersebut dilakukan untuk memprotes rencana pengurangan ongkos operasional BA
yang akan berdampak pada gaji pekerja.
Sebelumnya
BA berencana menghemat belanja sebanyak 62,5 juta poundsterling untuk mengatasi
dampak negatif yang muncul karena menurunnya penumpang, fluktuasi harga bahan
bakar dan persaingan dengan maskapai lainnya.
Lebih
dari 1.000 penerbangan BA bakal mengalami pembatalan selama tiga hari pemogokan
tersebut. Mogok kerja ini dilakukan setelah negosiasi antara pimpinan serikat
dagang terbesar Inggris, Unite, Tony Woodley dengan kepala eksekutif BA Willie
Walsh menemui jalan buntu.
“Dengan
kekecewaan besar saya harus katakan bahwa semua negosiasi telah gagal,” kata
Woodley kepada wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/3/2010).
“Perusahaan
ini (BA) tidak ingin bernegosiasi, perusahaan ini hanya ingin berperang dengan
anggota-anggota saya,” imbuh Woodley.
Total
1.100 penerbangan BA dari sekitar 1.950 penerbangan yang dijadwalkan selama
aksi mogok ini akan dibatalkan.
BA
bertekad untuk tetap menerbangkan setidaknya 60 persen penumpang dengan
mengandalkan para staf yang tidak ikut mogok. BA juga akan menggunakan 22
pesawat dengan pilot dan kru dari delapan maskapai Eropa lainnya.
(sumber: detik.com)
Permasalahan
atau konflik yang terjadi antara karyawan atau karyawan dengan atasan yang
terjadi karena masalah komunikasi harus di antisipasi dengan baik dan dengan
system yang terstruktur. Karena jika masalah komunikasi antara atasan dan
bawahan terjadi bisa-bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mogok
kerja, bahkan demo.
Sumber : www.detik.com
Analisa
atau penjelasan kasus maskapai penerbangan Inggris, British Airways (BA)
Kasus
di atas terjadi karena kurangnya terjalin komunikasi yang baik antara atasan
dengan karyawan. Masalah komunikasi ini bisa menyebabkan kesalahpahaman antara
atasan dan karyawannya. Masalah komunikasi harus di antisipasi dengan baik dan
dengan system yang terstruktur, karena bisa-bisa terjadi permasalahan seperti
kasus di atas misalnya mogok kerja, bahkan demo.
System komunikasi yang
terstruktur dengan membuat papan pengumungan
atau pengumuman melalui loudspeaker. Buat komunikasi dua arah antara atasan dan
bawahan menjadi lancar dan harmonis, misalnya dengan membuat rapat rutin,
karena dengan komunikasi yang dua arah dan intens akan mengurangi masalah di
lapangan. Beri pelatihan dalam hal komunikasi kepada atasan dan karyawan,
pelatihan akan memberikan pengetahuan dan ilmu baru bagi setiap individu dalam
organisasi dan meminimalkan masalah dalam hal komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar